Archive for Juni, 2013

Mustahik Terakhir

Written by admin on . Posted in Artikel, PII

Oleh : Noverdi Afrian

Malam mulai larut, langkah kami terhenti di sudut jalan bersama gerobak yang sedari tadi kami dorong keliling kampung. Rasa bimbang tiba-tiba merasuk

ke dalam pikiranku.

“Kamu yakin disini tempatnya?” tanyaku meragu.

“Kalo nurutin kata pak ustad sih bener disini. Jadi ntar kita masuk lorong ini, belok kiri dikit, trus cari pintu yang ada di sisi sebelah selatan.” jawab Ucok berusaha meyakinkanku.

“Tapi aku masih kurang yakin deh. Secara, lorong ini sempit, trus diapit sama pager keliling kuburan cina dan gudang beras, udah gitu gelap-gelapan gini lagi. Kayak nggak ada tanda-tanda kehidupan di dalam situ.”

“Alaah, bilang aja kamu takut masuk sini. Iya kan?” ejek ucok.

“Yee, sembarangan! Hari gini masih takut sama yang kaya gituan? Orang aku cuma tanya kok!” aku setengah menggerutu gara-gara ejekan Ucok itu.

“Kalo gitu, ayo buruan masuk! Kita selesaikan pekerjaan kita. Temen-temen udah nungguin kita tuh di warung bakso mbah Man.”

Sejenak aku tertegun. Malam ini memang tak sesunyi biasanya. Kumandang takbir terus bergema sambung menyambung dari surau satu ke surau yang lain sebagai pertanda berakhirnya bulan ramadhan tahun ini. Kebetulan kami berdua sedang mendapat ‘misi suci’ dari masjid untuk menyalurkan zakat fitrah kepada para mustahik (penerima zakat-pen). Semua sudah terbagikan, kecuali satu, zakat untuk ibu Sumiyati.

Sadar Mengkader

Written by admin on . Posted in Artikel, PII

Oleh : Eko Bambang Fitriyanto

Apa jadinya jika Kanjeng Nabi tak memerintahkan Utsamah Bin Zaid RA sebagai panglima perang dalam peperangan melawan Kabilah Qu­dha’ah yang membantu ten­tara Romawi di perbatasan Syria dan generasi muda lainnya dalam tugas-tugas dakwah, akankah Islam mengandalkan generasi tuanya untuk mendakwahkan Islam ke seantero jagad, tak mungkin… mati adalah batas jelas kehidupan, ringkih adalah batas jelas kemampuan, tua adalah batas jelas antara hidup dan mati. Inilah agungnya kesadaran mengkader yang dimiliki Kanjeng Nabi.

Pelantikan PD PII Kudus Periode 2013-2014

Written by admin on . Posted in Kabar kegiatan, PII

Pelantikan PD PII Kudus

Pelantikan PD PII Kudus

Selamat atas dilantiknya PD PII Kudus periode 2013-2014 pada tanggal 9 Juni 2013 di Taman Krida Wisata Wergu Wetan Kudus, semoga amanah dalam mengemban kepengurusan, untuk menciptakan generasi pelajar islam yang berbudaya.

 

Persyaratan Isteecomah I Koorwil PII Wati Jawa Tengah Pekalongan 2013

Written by admin on . Posted in Kabar kegiatan, PII

ISTEECOMAH

ISTEECOMAH

Persyaratan Isteecomah 1 :

  1. Pelajar putri (muslimah) SMP dan SMA (dan yang sederajat).
  2. Bersedia mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
  3. Membawa peralatan pribadi, alat sholat, alat tulis, Al-Qur’an terjemah, dan buku bacaan Islami.
  4. Membawa surat mandat (jika delegasi dari PD/Koorda)
  5. Mendapat izin dari orang tua/wali dan atau sekolah
  6. Memakai pakaian tertutup (menutup aurat)
  7. Membayar SWP Rp 15.000
  8. Mendaftar lewat SMS dengan format [Nama_Sekolah/Kelas_asal daerah] kirim ke nomor 085 200 305 198 dikirim paling lambat tanggal 20 Juni 2013

Catat tanggal mainnya :
26-27 Juni 2013 bertempat di SMP Islam Kota Pekalongan (satu event bersama Latihan Kepemimpinan Pelajar Se-Jawa Tengah) pendaftaran dapat menghubungi 085200305198

Download dalam bentuk Word : Persyaratan Isteecomah 1

Diproteksi: Persyaratan Latihan Brigade Tingkat Dasar (LBTD) PII Jawa Tengah Pekalongan 2013

Written by admin on . Posted in Kabar kegiatan, PII

Konten ini diproteksi dengan password. Untuk melihatnya cukup masukkan password Anda di bawah ini:

Pesan Umi “Jangan Nyontek !”

Written by admin on . Posted in Artikel

Pagi itu seperti biasanya Azam bangun subuh-subuh, bersiap berangkat sekolah, setelah mandi di suasana pagi yang dingin Azam segera bergegas berjamaah ke masjid. Bersama uminya mereka berjalan kaki menuju masjid, abinya Azam sudah lama tinggal di Jakarta, merantau demi sesuap nasi bagi isteri dan anak-anaknya. Sampai masjid iqomat sudah dikumandangkan, suara takbir imam menggelegar seantero masjid, Azam masih beruntung dapat shof sholat di barisan pertama, maklum kalau shubuh yang berjamaah sedikit, ya hanya satu shof itu. Suara imam yang merdu membuat hati Azam khusyu menghambakan diri dihadapan Tuhannya, dalam sujudnya ia meminta agar hari ini diberikan kelancaran dalam mengerjakan ujian nasional SMP. Selepas sholat, sambil berjalan kaki ia berkata kepada uminya “Mi, hari ini Azam

1 Bulan Untuk Selamanya

Written by admin on . Posted in Artikel

Aktivitas Ramadhan di komplek perumahan di bilangan Jakarta agak terganggu akibat ulah seorang anak gelandangan. Dia selalu menggoda para warga yang tengah berpuasa saat melintasi jalan di siang hari. Ditentengnya gelas ukuran besar berisi es teh lemon sembari ia tunjukkan pada siapa saja yang melewati jalan tempat ia berdiri.

“Hmm, segeerr…! Om mau nggak? Asyik loh Om kalo diminum siang-siang gini!” ujar si anak gelandangan itu sambil menempelkan pipinya pada tepi gelas yang berembun.

Kontan, kelakuan anak gelandangan ini mendapat kecaman dari berbagai pihak di komplek itu. Hal itu dianggap sebagai perilaku tak terdidik yang mengganggu kekhusyu’an Ramadhan para warga. Ketika ada orang yang menegurnya, dia malah balik meledek. Melihat itu, ustad Jaka merasa perlu untuk berbicara empat mata dengan si anak gelandangan tadi.

Ucapan Belasungkawa

Written by admin on . Posted in Artikel, PII

Innalillahi wa inna illaihi roji’un, segenap personalia PW PII Jawa Tengah turut berbelasungkawa atas wafatnya ibunda dari Sdr. M. Salman Ramdhani Ketua Umum PW PII Jawa Barat  dan atas wafatnya KH. Kosim Nurzeha (Ketua Umum PW PII Jawa Tengah 1968 – 1970). Semoga Allah swt memberikan rahmat dan maghfiroh kepada beliau. Dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan dan kesabaran.

Persyaratan Peserta Batra dan Intra Pekalongan 2013

Written by admin on . Posted in Kabar kegiatan, PII

Download Persyaratan dalam word : (Persyaratan Basic Training Pekalongan 2013) (Persyaratan INTRA Pekalongan 2013)

PERSYARATAN PESERTA

BASIC TRAINING (BATRA)

PELAJAR ISLAM INDONESIA (PII) JAWA TENGAH

Pekalongan, 23-30 Juni 2013

 

 

Persyaratan Basic Training Pekalongan 2013

  • Aktif di struktural daerah atau komisariat selama 3 bulan/pernah mengikuti
    pra-Batra dan ta’lim PII atau kegiatan PII lainnya yang sejenis.
  • Bersedia aktif di struktural daerah minimal satu periode setelah mengikuti training.
  • Pendidikan minimal kelas 2 (dua) SMP atau berumur 14 tahun dan maksimal semester 2 (dua) bagi kader yang sedang menyelesaikan study di perguruan tinggi.
  • Mendapatkan mandat dari struktural setempat (PD/PK) kecuali bagi daerah yang tidak ada struktural maupun institusinya, maka tetap menggunakan mandat atas nama Persatuan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PKB-PII) atau lembaga yang bertanggung jawab atas pendelegasiam tersebut.
  • Membawa Al Qur’an terjemah dan alat tulis-menulis.
  • Berpakaian sopan, Islami, rapi dan bersepatu.
  • Membawa dan membaca buku-buku tentang aqidah, filsafat, shiroh, keIslaman, management, dan keorganisasian.
  • Membawa pas photo ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Hafal Q.S Al-Kafirun dan Q.S Al-Insyiroh
  • Hafal salah satu hadist arba’in.
  • Membayar kontribusi sebesar Rp 30.000,00 (diserahkan ke daerah)
  • Lulus screening dan wawancara.
  • Bersedia melaksanakan dan mematuhi aturan yang telah ditentukan saat pentrainingan.
  • Bersedia menerima sanksi/dikeluarkan apabila melanggar aturan yang telah disepakati
  • Membuat tulisan minimal 2 halaman dengan memilih salah satu dari tema berikut ini:

a)      Aku dan Islam

b)      Aku dan PII

c)      Aku dan Sekolah

d)     Aku dan Keluarga

e)      Aku dan Masa Depanku

  • Tulisan diketik dengan font 12, Times New Roman, spasi 1,5, ukuran kertas A4, margin 3 3 3 3.
  • Tulisan dikirim ke email  lkp.piijateng@gmail.com dengan subject email Batra Pekalongan#[nama lengkap]#[asal daerah] dikirim maksimal sampai tanggal 22 Juni 2013

Susunan Dewan Formatur PW PII Jawa Tengah 2013-2015

Written by admin on . Posted in Kabar kegiatan, PII

Alhamdulillah Konferensi Wilayah ke 27 PW PII Jawa Tengah yang telah berlangsung pada tanggal 25-27 mei 2013 di BMT BUS Lasem Rembang, yang dihadiri oleh sekitar 70 orang peserta dari 11 daerah, telah menghasilkan Dewan Formatur PW PII Jawa Tengah 2013-2015 sebagai berikut :
Ketua Formatur / Ketua Umum : Noverdi Afrian
Anggota :
Nur Syam Cholil
Halim Adi Saputra
Eko Bambang Fitriyanto
Wastu Prasetyo

Dewan Formatur Korwil Brigade PII Jawa Tengah 2013-2015
Ketua Formatur / Komandan : Muhammad Musyaddad Zaen
Anggota :
Muhammad Fajar Sumedhi
Eko Bambang Fitriyanto

Dewan Formatur Korwil PII Wati Jawa Tengah 2013-2015
Ketua Formatur / Ketua Korwil : Nurul Huda Zaen
Anggota :
Laely Ismiati
Ratih Khoirunisa

Info Pendidikan :